Cara Membuat Coklat Kurma Keju Ala Rumahan

cara membuat coklat kurma

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat coklat kurma keju ala rumahan yang sangat simple untuk bisnis rumahan. Proses pembuatannya pun cukup simple dan tidak membutuhkan bahan yang cukup banyak.

Apakah anda juga penggemar buah kurma dan coklat? Keduanya ini memang memiliki cita rasa yang sangat manis. Anda tidak perlu memakannya secara terpisah karena ada resep kurma coklat yang menggabungkan keduanya. Anda pun bisa menyantap keduanya secara bersamaan. Terlebih lagi, kombinasi buah kurma dan juga coklat akan menghasilkan paduan sensasi rasa yang akan lebih memanjakan lidah.

Konsumsi kurma akan semakin menarik dari segi rasa dan penampilan jika dikombinasikan bersama coklat. Cara pembuatan coklat kurma itu tidak cukup sulit seperti yang dibayangkan malah proses pembuatannya pun cukup sederhana dan juga sangat praktis.

Kurma

Buah kurma ini adalah jenis buah yang dapat tumbuh kapan saja di sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar.

Buah yang sangat sering disebut dengan buah nabi ini ternyata juga kaya nutrisi yang bisa menguntungkan. Secara umum, kandungan utama pada buah kurma ini adalah karbohidrat yang sederhana (terutama pada gula, seperti dengan sukrosa dan juga fruktosa). Kurang lebih hampir 70% dari nuah kurma terdiri dari karbohirat.

Tak hanya itu saja. Kurma juga kaya dengan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, dan juga antioksidan seperti dengan karoten, fenolik, avanoid, dan juga anthocyanin.

Dibedakan dari tingkat kematangannya, kandungan nutrisi buah ini bisa bervariasi antar satu dengan yang lain. Misalkan saja, buah kurma yang masih segar akan lebih sedikit mengandung kalori dan gula daripada dengan kurma kering. Setiap per 100 gram buah kurma yang sudah dikeringkan akan mengandung sekitar 284 kalori dan 76 gram karbohidrat.

Dengan takaran sama, buah yang segar mengandung hanya sekitar 142 kalori dan 37 gram karbohidrat. Sebaliknya, jika kurma yang masih segar akan memiliki kandungan air, serat, dan protein yang lebih banyak daripada kurma yang sudah dikeringkan.

Sebetulnya juga sudah ada ribuan varietas buah kurma di dunia. Namun secara umum, buah kurma dapat dikelompokkan dalam tiga jenis kategori utama, yaitu lunak, semi-lunak, dan juga kering. Beda kategori ini didasari oleh lamanya waktu panen di pohon. Pertumbuhan buah kurma pada umumnya akan memakan waktu sekitar 7 bulan sejak pertama tunasnya dan muncul sampai sepenuhnya matang.

Nah, kurma cokelat keriput yang selama ini Anda marak temui di bulan Ramadan adalah versi keringnya. Disebut sebagai kurma kering bukan karena dengan sengaja dikeringkan di bawah terik matahari layaknya dengan buah kering lainnya.

Resep Coklat Kurma Keju

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 100 gram buah kurma, potong kecil
  • 100 gram butter 25 gram maizena
  • Margarin 50 gram
  • Palm sugar 50 gr
  • Tepung gula 50 gr
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 100 gram keju (parut kasar)
  • 25 gram susu bubuk full cream
  • 1 butir telur ambil bagian kuningnya
  • 200 gram tepung terigu protein rendah

Topping:

  • 200 gram coklat warna putih (lelehkan)
  • 100 gram dark chocolate classic (lelehkan)

Cara Membuat Coklat Kurma Keju:

  1. Siapkan mixer dan sebuah wadah berukuran cukup besar
  2. Masukan butter, margarin, gula tepung, gula palem dan vanili ke dalam wadah
  3. Aduk bahan dengan mixer hingga bahan benar-benar merata.
  4. Setelah bahan tersebu merata, tambahkan telur ke dalam adonan dan aduk lagi
  5. Masukan kurma dan keju parut ke dalam adonan lalu aduk
  6. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan susu secara bertahap
  7. Aduk adonan dengan spatula hingga adonan menjadi kalis
  8. Jika sudah kalis, maka bentuk bulat-bulat memanjang adonan tersebut
  9. Susun di atas loyang lalu olesi dengan mentega
  10. Masukan dalam oven kemudian panggang hingga matang
  11. Keluarkan adonan yang sudah matang di dalam oven
  12. Dinginkan sebentar
  13. Ambil coklat yang telah dilelehkan
  14. Celupkan kurma ke dalam coklat leleh secara merata
  15. Diamkan coklat selama beberapa saat hingga coklat mengeras
  16. Hidangkan dan santap

Jangan lupa untuk membaca tentang blazer batik tanpa lengan yang sangat cocok untuk kalian.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat coklat kurma keju ala rumahan yang cocok untuk bahan bisnis anda. rasanya pun tak kalah dengan yang dijual dipasaran, makanna ini sangat disukai mulai dari anak anak hingga dewasa.