Cara Membuat Bumbu Jagung Bakar Manis dan Gurih!

cara membuat jagung bakar manis
Pada momen tahun baru biasanya selalu identik dengan makanan yang dibakar, salah satunya adalah jagung bakar. Cara membuat bumbu jagung bakar manis adalah pembahasan artikel kali ini. Siapa yang tidak kenal dengan jagung bakar? yup, jagung bakar sangat dicari pada saat malam tahun baru atau acara lainnya. Rasa yang dimiliki oleh jagung bakar juga berbeda, karena tergantung bumbu yang diberi pada saat di bakar. Banyak sekali bumbu oles yang bisa di coba untuk membakar jagung, salah satunya yang bisa kita coba adala bumbu jagung bakar manis. Tidak hanya dilihat dari bumbunya saja, jagung bakar juga harus tau bagaimana cara membakar jagung agar pada saat di olesi bumbu akan terasa merata menyeluruh. Jagung bakar yang biasa kita buat masih menyatu dengan bongkolnya, dan ternyata ada juga yang dibuat dengan cara di pipil. Alat untuk membakarnya juga berbeda, jagung bakar yang menyatu pada bongkolnya di bakar menggunakan bara api langsung di atasnya sedangkan jagung yang sudah di pipil dari bongkolnya menggunakan tungku pembakaran. Untuk mepipil jagung bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan mesin tersebut akan mempermudah dalam pemipilan dan waktu untuk mepipilnya juga tidak memakan waktu. Penasaran bagaimana membuatnya?, yuk langsung aja siapkan bahan untuk membuat bumbu jagung bakar!

Cara Membuat Bumbu jagung Bakar Manis dan Gurih

Bumbu pada variasi ini memiliki rasa yang paling umum dan paling banyak diketahui untuk membuat jagung bakar. Untuk membuat bumbu ini memerlukan beberapa bahan yang mudah di temukan di pasar tradisional atau warung terdekat.

Bahan :

  • 1 siung bawang putih
  • 5 sendok makan madu
  • 3 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan saos sambal botolan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Sedikit air, dan
  • Sedikit garam

Langkah Membuat Bumbu Jagung Bakar Manis dan Gurih :

  1. Haluskan Bawang putih bisa menggunakan ulekan atau bisa juga menggunakan blender hingga benar-benar halus.
  2. Tuangkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan madu, mentega, saos sambal botolan, gula pasir / gula halus juga boleh, sedikit air dan sedikit garam ke dalam mangkuk.
  4. Aduk semua bahan hingga benar-benar merata sempurna.
  5. Pastika bumbu yang dibuat tidak mengendap, agar bumbu bisa menyerap sempurna saat di oleskan ke jagung.
  6. Bumbu siap untuk dipakai!
Itu dia cara membuat bumbu jagung bakar manis yang bisa di coba saat malam tahun baru atau acara lainnya. Jadi tidak bingung lagi untuk membuat bumbunya. Sebenarnya bumbu oles pada jagung bakar tidak hanya manis dan gurih, tapi banyak variasi yang bisa dibuat. Beberapa bumbu yang bisa dibuat adalah :
  • Bumbu oles jagung bakar pedas manis bawang
  • Bumbu oles jagung bakar barbeque
  • Bumbu oles jagung bakar blackpapper
  • Bumbu oles jagung bakar garlic and cheese
  • Bumbu oles jagung bakar pedas manis
Dengan banyaknya variasi yang di buat, maka tidak akan merasa bosan untuk membuat jagung bakar. Tidak ada alasan juga untuk tidak tahu bagaimana membuat bumbu jagung bakar ini. Yang pasti siapkan terlebih dahulu bumbu untuk di olesin ke jagung, agar pada saat jagung siap dibakar tidak harus menunggu lagi karena bumbu belum siap. Mudah bukan untuk membuat bumbu jagung bakar?, Dari bahan yang mudah di cari dan cara membuat yang tidak terlalu memakan waktu. Selamat menikmati tahun baru dan acara lainnya!