Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara memasak nasi menggunakan rice cooker. Carannya sangat mudah yang dapat kamu coba dirumah. Yukk simak artikel berikut!

Pengertian Nasi

Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

Nasi adalah beras atau kadang-kadang serealia lain yang telah direbus dan dimasak. Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’.

Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi yaitu putih jika beras yang digunakan berwarna putih.

Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket.

Ketan yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat seperti itu.

Jenis-jenis Beras

1. Beras Putih

Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, makanya beras ini berwarna putih. Proses penggilan membuat beras putih berkurang kandungan zat gizinya jika dibandingan dengan jenis beras merah atau hitam.

Bahkan bentuk bulir yang berbeda-beda, mempengaruhi tingkat indeks glikemikyang dikandungnya. Beras berbulir panjang, seperti beras basmati dan doongara, mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan bulir sedang atau bulir pendek.

Tetapi jika dibandingkan dengan jenis beras yang lain, beras putih mengandung serat yang lebih sedikit dari pada jenis beras lain, seperti beras merah dan beras hitam.
Hal tersebut dikarenakan lapisan luar dan lapisan tengah beras yang mengandung serat tinggi telah hilang akibat proses penggilingan, sedangkan pada beras merah dan hitam tidak.

2. Beras Cokelat

Juga mengalami proses penggilingan, tapi tidak sama dengan beras putih, beras cokelat hanya menghilangkan lapisan terluarnya dan tidak menghilangkan lapisan tengah.

Mempunyai tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan beras putih ketika dimasak. Selain itu, beras cokelat mengandung magnesium yang cukup tinggi dan serat sebesar 3,2 gram per 100 gram.

Sementara itu, total protein per 100 gram beras cokelat yaitu sebesar 7,2 gram. Lebih tinggi daripada 100 gram beras putih yang hanya mengandung sekitar 6,3 gram.

Tingkat indeks glikemiknya sedang, sehingga mengonsumsi beras cokelat akan membuat kamu kenyang lebih lama.

3. Beras Merah

Sama dengan beras cokelat, beras merah juga mempunyai tekstur yang lebih keras dan kasar. Beras merah bermanfaat untuk menjaga keseimbangan produksi sel darah merah dan hormon serotonin (hormon yang mengatur nafsu makan) lantaran mengandung zat besi dan vitamin B6.

Warna merah yang ada pada beras ini didapatkan dari lapisan luar yang mengandung antosianin yang membuat warnanya merah.

4. Beras Hitam

Merupakan beras yang cukup langka di pasaran dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, hal ini dikarenakan oleh kandungan gizinya yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Memiliki tekstur yang keras dan pera, sehingga membutuhkan waktu memasak yang cukup lama untuk membuatnya lembut.

Dalam beras hitam terdapat kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel pada organ hati. Setidaknya, beras ini mengandung 20,1 gram serat, 7 gram protein, dan 1,8 gram zat besi dalam 100 gram beras hitam.

Perbedaan Beras Pulen dan Beras Pera

Pada beras pulen terkandung sekitar 20 persen kadar amilopektin (pati beras). Hal itu membuat beras menjadi lebih lengket saat menjadi nasi.

Sedangkan, beras pera memiliki kandungan lebih dari 25 persen kadar amilosa (pati beras), yang menghasilkan nasi lebih keras. Perbedaan mendasar tersebut yang mesti diperhatikan saat hendak memasak nasi.

Beras pera membutuhkan tambahan air yang lebih banyak ketika dimasak, guna mengurangi nasi menjadi terlalu keras. Sedangkan, beras jenis pulen menyerap air lebih sedikit, karena teksturnya yang memang sudah lembut.

Kebanyakan air pada beras pulen justru akan membuat nasi menjadi sangat lengket, berair dan bisa jadi lebih mendekati sebagai bubur.

Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

1. Ambil Beras dengan Cangkir Takar

Ada berbagai macam varian/ukuran cangkir takar atau gelas takar. Berikut beberapa di antaranya:

  • 200 ml, membutuhkan 5 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 250 ml, membutuhkan 4 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 335 ml, membutuhkan 3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 600 ml, membutuhkan 1 dan 2/3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

2. Cuci Beras Pada Wadah Terpisah

Tentu sebelum menanak, cucilah beras 2-3 kali. Jika rice cooker yang moms miliki telah menggunakan panci teflon (anti lengket), sebaiknya mencuci beras tersebut pada wadah yang lain, agar supaya lapisan tersebut tidak tergores, sehingga panci bisa awet dipakai dalam waktu lama.

3. Tuang Beras ke Dalam Panci Magic Com

Tuangkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam panci rice cooker. Setiap rice cooker mempunyai petunjuk takaran pada pancinya. Perhatikan hal tersebut terlebih dahulu.

4. Isilah Air Sesuai Takaran

Petunjuk takaran pada panci berguna dalam melihat seberapa banyak air yang dibutuhkan untuk memasak beras yang dimasukkan ke dalam panci.

Dalam hal ini, secara umum, volume air berada sedikit di atas beras. Kira-kira 1-2 cm ketinggiannya. Namun begitu, ukuran ini mesti disesuaikan pula dengan jenis beras yang moms masak, apakah beras pulen dan ataukah beras pera.

Sekadar info, cara memasak nasi putih yang tepat, yaitu jika memasak jenis beras pulen, maka tidak membutuhkan banyak air, nasi akan lembut dan empuk.

Sebaliknya, apabila menanak nasi pera, maka kamu perlu menambahkan lebih banyak air, agar nasi menjadi tidak terlalu keras atau kering.

5. Tutuplah Penutup Rice Cooker

Jika volume dan takaran air sudah sesuai, tutuplah penutup rice cooker dan atau magic com. Maka, proses menanak nasi di rice cooker dimulai.

Ingat, sebelum masuk tahap ini, pastikan posisi stop kontak sudah terpasang sebagaimana mestinya.

6. Proses Masak Dimulai

Pada beberapa merk magic com, tersedia tombol (tuas) on dan off saja. Ini rice cooker model lama. Sedangkan pada rice cooker dengan teknologi terbaru, moms tinggal menekan tombol digital cook, dan memilih mode nasi putih (white rice).

7. Aduk Nasi Setelah Matang

Agar nasi putih yang telah matang tidak menggumpal dan tidak menjadi lembek (overcooking), sebaiknya mengaduk nasinya.

8. Nasi Lezat Siap Dihidangkan

Nasi putih lezat sudah siap dihidangkan!

Baca Juga : Cara Bikin Pizza dari Roti Tawar

Manfaat Nasi Bagi Kesehatan

Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker

1. Sumber Energi Yang Hebat

Nasi itu banyak mengandung karbohidrat yang bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh dan membantu dalam fungsi normal otak.

2. Bebas Kolesterol

Makan nasi itu sangat baik untuk kesehatan, karena nasi tak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.

3. Kaya Akan Vitamin

Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.

4. Banyak Mengandung Resistant Starch

Nasi banyak mengandung resistant starch, yang akan masuk ke dalam usus dalam bentuk yang belum dicerna. Itu akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang berguna di dalam usus.

5. Mencegah Kanker

Whole grain rice misalnya brown rice itu banyak mengandung serat insoluble yang mungkin dapat melindungi kamu dari berbagai jenis kanker. Banyak peneliti yang percaya bahwa serat insoluble itu penting dalam melindungi tubuh dari cell-cell kanker.

6. Mengobagi Dysentery

Bagian kulit ari dari nasi dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati dysentery. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties.

Orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

Sekian artikel cara memasak nasi menggunakan rice cooker, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya.