cara jualan online untuk pelajar yang Menguntungkan

cara jualan online untuk pelajar

Masih berstatus pelajar bukan halangan untuk mulai berbisnis. Anda bisa mengembangkan bisnis dari usia muda. Meskipun omzet penjualan masih rendah, tetapi cara jualan online untuk pelajar ini dapat memberikan Anda pengalaman dalam mengurusi suatu bisnis.

Beragam cara jualan online untuk pelajar ,bisnis bisa Anda coba dengan modal yang kecil dan terbukti bisa memberikan pendapatan yang cukup banyak. Berikut adalah beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang patut Anda coba.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar

 

1. Menjadi reseller

salah satu cara jualan online untuk pelajar Membangun online shop adalah bisnis online yang sangat populer di kalangan pelajar. Banyak cara dapat dilakukan untuk memulai bisnis ini, salah satunya dengan menjadi reseller.

Sistem bisnis reseller juga sangat beragam mulai dari membeli produk lalu menjualnya atau menjual produk tanpa membelinya terlebih dahulu. Cara yang pertama tentu Anda sudah tidak asing lagi. Namun untuk cara yang kedua mungkin masih terdengar asing.

Bisnis tersebut sering disebut sebagai dropshipping. Anda dapat menawarkan produk melalui media sosial tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Hal ini tentu berguna untuk memulai bisnis dengan modal yang sedikit dan mencegah resiko kerugian.

2. Jual pulsa dan pembayaran tagihan

cara jualan online untuk pelajar yang tidak kalah populer adalah jual pulsa dan layanan pembayaran tagihan. Bisnis ini cukup mudah dijalankan dan tidak membutuhkan perangkat khusus. Anda hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet yang stabil.

Target konsumen juga sangat beragam, mulai dari teman sekolah, guru, hingga masyarakat luas. Kebutuhan pulsa dan paket data juga sangat tinggi saat ini. Hampir semua orang juga sudah menggunakan smartphone, sehingga peluang bisnis ini sangat terbuka lebar.

Lebih gampangnya lagi, Anda bisa bergabung dengan berbisnis online.Platform BebasBayar menyediakan pembayaran pulsa, PDAM, hingga pembelian voucher game online.

3. Afiliasi

Mengembangkan bisnis afiliasi pada dasarnya sama dengan bisnis paid promote. Keduanya sering disebut sebagai bisnis online tanpa modal. Hal yang membedakan adalah sistem pembayaran dan cara menampilkan produknya.

Jika menggunakan sistem paid promote, Anda memberikan informasi tentang bagaimana  keunggulan produk tersebut. Beberapa influencer juga menampilkan cara menggunakannya. Anda akan menerima bayaran segera setelah iklan berhasil diunggah.

Pada sistem afiliasi, Anda pada dasarnya juga membagikan informasi tentang keunggulan produk dan memberikan link afiliasi tertentu. Bayaran akan Anda terima jika ada konsumen yang menggunakan link afiliasi yang Anda bagikan.

Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki sosial media dengan jumlah pengikut yang banyak. Semakin banyak jumlah pengikut, maka kemungkinan link afiliasi Anda digunakan juga semakin tinggi.

4. Penulis

Bagi Anda yang hobi menulis, mengembangkan website pribadi juga layak untuk dicoba. Anda bisa menulis berbagai topik seperti pengalaman menggunakan suatu layanan, solusi permasalahan umum, atau topik lain yang Anda kuasai.

Kekurangan dari bisnis ini adalah waktu yang dicapai untuk bisa melakukan monetisasi sangat lama. Anda harus mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi untuk memulai memasang iklan.

Untuk bisa meningkatkan popularitas website, Anda bisa mempelajari teknik penulisan SEO dan mengunggah artikel dengan topik yang menarik minat pembaca. Hal ini berperan dalam meningkatkan kemudahan pembaca dalam mengakses website Anda.

5. Content creator

Keberadaan sosial media saat ini semakin meningkat baik jumlahnya maupun penggunanya. Hal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Anda bisa membuat video dan mengunggahnya di YouTube.

Video bisa mulai dimonetisasi oleh YouTube jika sudah memenuhi persyaratan minimal jumlah tayangan, jumlah subscribers, dan jumlah penonton. Oleh karena itu, penting bagi Anda menghasilkan video yang berkualitas dan menarik pengguna YouTube.

Setelah video di YouTube mendapatkan jumlah penonton yang tinggi, Anda juga bisa menerapkan paid promote atau promosi berbayar. Pada dasarnya, Anda hanya perlu mengiklankan suatu produk dan mengunggahnya.

Selain YouTube, ada juga beberapa platform digital yang bisa digunakan untuk menerima paid promote seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

6. Video editing dan desain grafis

Bisnis satu ini merupakan bisnis yang semakin naik daun. Banyak software baru yang dihasilkan dan menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah dioperasikan.

Jika Anda sedang bersekolah di SMK jurusan DKV, tentu jenis usaha ini akan sangat membantu Anda mengasah keterampilan dalam bidang editing. Usaha ini juga menjadi tempat Anda mendapatkan pengalaman kerja sebelum benar-benar terjun di dunia kerja.

Anda dapat mencoba usaha ini dan saat sudah berkembang, Anda bisa menyasar video pernikahan, photoshoot prewedding, atau desain buku tahunan sekolah. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan membagikan portofolio.

Keberadaan portofolio sangat penting untuk memberikan kesan bahwa bisnis Anda benar-benar terpercaya dan berpengalaman. Portofolio juga berguna bagi konsumen untuk mempertimbangkan penggunaan layanan video editing atau desain grafis Anda.

Menjalankan bisnis online untuk pelajar merupakan salah satu pengalaman yang berharga dalam meningkatkan keterampilan berbisnis. Anda bisa belajar banyak dari bisnis yang Anda jalankan dan menjadi bekal untuk mengembangkan bisnis yang jauh lebih besar.