Cara Hemat Listrik Token Pakai AC Agar Kantong Aman

cara hemat token listrik pakai ac

Memasang AC membuat tagihan listrik anda membengkak? Jangan risau, baca ulasan dibawah ini cara hemat listrik token listrik pakai ac!

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis, musim kemarau di Indonesia memang mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan. Memasang AC di rumah adalah sebuah hal yang wajar. Mau tidak mau kita harus memasang AC agar dapat beraktivitas lebih nyaman tanpa merasa kegerahan.

Namun pemsangan AC juga harus memperhatika beberapa hal agar kantong kita tidak membengkak saat tagihan listrik. Anda juga bias memperhatikan daftar harga ac murah dan hemat listrik.

Cara Hemat Listrik Token Pakai AC

cara hemat token listrik pakai ac

1. Pilih AC Dengan PK Terendah

Semakin kecil ukuran PK pada AC yang Anda beli, maka semakin kecil juga jumlah pemakaian listriknya. Salah satu cara menghemat listrik AC rumah yaitu dengan cara membeli AC yang PK-nya paling rendah, yaitu ½ PK. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ruangan di bawah 10 m2.

Meskipun AC dengan PK terendah memang hemat energi dibanding AC dengan ukuran PK yang lebih besar, tapi Anda tetap harus menyesuaikan ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan Anda. AC ½ PK tidak akan bermanfaat jika dipakai untuk mendinginkan ruangan seluas 24 m2.

Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk menentukan ukuran PK saat hendak membeli AC, ukur dulu luas ruangan yang akan dipasangi AC. Baca artikel cara memilih AC ini untuk mengetahui ketentuan ukuran PK AC untuk setiap ruangan dengan luas yang berbeda.

2. Pilih AC Dengan Fitur Hemat Energi

Ketika Anda hendak membeli AC, mintalah staf toko untuk menjelaskan setiap fitur pada AC-AC yang menjadi pilihan Anda. Beda merk dan tipe, beda pula fitur yang tersedia. Salah satu fitur yang wajib ada dalam pada sebuah AC adalah fitur hemat energi alias low wattage.

AC low watt juga dilengkapi dengan kompresor yang menggunakan daya listrik lebih kecil dibanding menggunakan AC standard. Bahkan, AC hemat energi dapat menghemat konsumsi daya listrik 20-30% setiap bulannya. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa AC low watt umumnya dikenakan harga yang jauh lebih mahal.

Selain itu, proses pendinginan ruangan jadi lebih lama karena AC tersebut hanya menggunakan daya listrik yang sangat kecil. Namun, jika Anda ingin benar-benar menghemat listrik di rumah, maka AC tipe low watt adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

3. Bersihkan AC Dan Ruangan Secara Berkala

AC yang kotor akan membuat kerja kompresor pada AC menjadi lebih keras. Kompresor yang bekerja lebih keras tentu akan menggunakan daya listrik lebih banyak. Oleh karena itu, bersihkan filter AC setiap sebulan sekali dan lakukan pembersihan secara keseluruhan setiap 3 bulan sekali.

Mengapa ruangan tempat ber-AC juga harus dibersihkan? Ruangan yang berdebu memengaruhi kebersihan filter AC. Akibatnya, filter AC jadi lebih cepat kotor dan hal tersebut berimbas pada kinerja kompresornya. Agar lebih hemat energi, tak ada salahnya membersihkan ruangan beserta perabotan di dalamnya yang berdebu. Anda dapat memanggil service ac jogja, untuk melakukan pembersihan ac

4. Pasang Timer AC

AC diciptakan untuk memberikan kesejukan saat kita beraktivitas di dalam sebuah ruangan. Namun, penggunaan AC memang lebih sering ditempatkan di dalam kamar tidur. Jika Anda ingin tidur dengan nyenyak menggunakan AC tapi ingin lebih hemat listrik,solusinya dengan memasang timer. Pasanglah timer untuk beberapa jam, misalnya 5 jam. Setelah 5 jam AC akan mati dengan sendirinya. Jadi, Anda tetap akan merasa sejuk pada saat hendak tidur dan AC akan mati dengan sendirinya jika Anda sudah terlelap.

5. Tutup Semua Celah Udara di Ruangan

AC lebih efektif bekerja di ruangan yang tertutup. Jika pintu atau jendela masih terbuka sedikit saja, maka kompresor AC kesulitan untuk mencapai suhu yang sesuai dengan pengaturan di remote AC. Idealnya, Anda memang harus menutup semua celah di dalam ruangan ber-AC.

Tujuannya agar udara sejuk yang dikeluarkan oleh AC tidak keluar dari ruangan tersebut. Sudahkah Anda menutup semua celah udara di dalam ruangan ber-AC? Cara ini akan mengurangi konsumsi daya listrik AC karena kompresornya tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan tersebut.

 

Demikian beberapa cara hemat listrik token pakai ac agar dompet tetap aman. Bagikan beberapa tips ini kepada teman terdekat anda. Dan jangan lupa lakukan maintenance pada ac anda, anda bisa menggunakan jasa service ac jogja.