Cara Budidaya Tanaman Padi Dengan Cara Yang Cermat

Sebagai negara agraris masyarakat Indonesia harus belajar tehnik atau cara budidaya tanaman padi dengan cara yang cermat.

Karena sebagian besar dari masyarakat di Indonesia memakan nasi sebagai makanan pokok. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan juga rasa yang enak membuat beras dipilih sebagai salah satu makanan favorit untuk masyarakat Indonesia lho.

Oleh karena itu kebutuhan beras di Indonesia sangat besar sekali, sehingga pemerintah sampe mengimpor beras dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dlm negeri.

Sebagai negara agraris Indonesia seharusnya dapat menghasilkan beras sendiri dari budidaya tanaman padi yng bisa tumbuh suburr di Indonesia.

Maka dari itu peluang untuk membudidayakan padi sangat lah menjanjikan, apalagi dengan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat pasti akan berpengaruh terhadap permintaan beras nya juga.

Bagi petani atau penyuluh pertanian yang ingin mengembangkan budidaya padi sawah, beginilah cara budidaya padi sehat. Berikut ini ialah teknik tekniknya.

Ini Dia Cara Budidaya Tanaman Padi

cara-budidaya-tanaman-padi

Cara Budidaya Padi, Pra Tanam

a. Pembibitan dan penanaman refugia

Pembibitan dilakukan sebelum pengolahan tanah. Dilakukan nya hal seperti itu, agar masa pembungaan tanaman refugia bersamaan dengan waktu dari persemaian atau pun waktu dari penanaman padi nya.

b. Pengolahan tanah

Penyiapan lahan terdiri atas beberapa langkah antara lain

  1. Pembersihan lahan digarap dengan aplikasi herbisida baik kontak atau pun sistemik sehingga lahan bersih dari gulma serta rumput.
  2. Penggenangan lahan memiliki tujuan agar hama penyakit yang ada dalam tanah dapat mati, dan juga si stuktur tanah menjadi lebih lunak y. Dilakukan selama kurang lebih 1 minggu.

Penggaruan bertujuan untuk untuk meratakan lahan. Lakukan penggaruan serata mungkin biar tanaman padi bisa tumbuh dengan sebaik mungkin y. Penggaruan dilakukan setidaknya 1 hari menjelang penanaman.

Dan jangan lupa untuk mengurangi air saat penggaruan.

c. Persemaian

Setelah punya benih padi yang baik, langkah setelahnya yakni menyemai benih tersebut di lahan tannam.

Persemaian digarap dengan cara menyebar benih padi dengan cara merata di bedengan dengann kandungan air jenuh akan tetapi tak menggenang.

Untuk menyemai benih padi Anda dapat melakukanya dengan cara mengikuti langkah langkah dibawah ini

  1. Rendam benih padi yang akan disemai selama sehari semalam, tiriskan serta biarkan selama 2 hari sampai benih tersebut mengeluarkan kecambah.
  2. Siapkan lahan untuk menyemai benih padi sekitar 500 m2 untuk satu hektar lahan sawah.

Seleksi Benih

Persiapkan air yg telah diisi sebanyak garam sampai telur mengapung setelah itu dipakai untuk menseleksi si benih. Caranya masukan benih padi ke dlm air bergaram tsb, maka akan diperoleh kondisi benih tenggelam, melayang dan juga kondisi mengapung.

Selain yang tenggelam jgn dipakai untuk benih, ambil benih yg tenggelam setelah nya dibilas dengan memakaiĀ  air bersih se segera mungkin sampai tak ada rasa garam lagi ketika dicicipi.

Tanam

Proses penanaman dilakukan setelah benih pada proses persemaian telah tumbuh daun sempurna sejumlah tiga sampe empat helai. Masa waktu dari persemaian menuju ke bibit siap tanam umumnya sekitar 12 sampe 14 hari sahaja loh.

Kedalaman bibit ditanam pun sudah ditentukan, berkisar pada rentang 1 cm sampe 15 cm. Masa penanaman padi akan lebih baik dikerjakan dua kali dlm setahun berdasarkan masa penanamannya yng ideal.

Nah untuk pemanenan padinya agar lebih gampang, memakai jual mesin panen padi saja.

Sekian artikel mengenai cara budidaya tanaman padi, semoga bermanfaat. Terimakasih. Bila Anda ingin membaca artikel mengenai padi lainnya dapat di klik disini.