Cara Buat Tahu Walik Kriuk yang Lezat dan Sangat Renyah

Cara Buat Tahu Walik Kriuk

Sama seperti cara bikin perkedel tahu telur yang merupakan salah satu dari beragai macam olahan tahu, cara buat tahu walik kriuk yang lezat dan sangat renyah ini juga praktis cara buatnya.

Tahu walik adalah makanan khas Banyuwangi,Jawa Timur yang terbuat dari tahu , yang digoreng menggunakan isi aci dan yang lainnya. Disebut walik yang juga artinya terbalik disebabkan cara buat tahu walik ini memanglah dengan cara dibalik.

Bahan bahan dan cara buat tahu walik ini juga tidak terlalu banyak. Sehingga sangat praktis untuk teman teman di rumah yang ingin menyiapkan camilan spesial buat keluarga di rumah. Bahan isinya pun dapat disesuaikan dengan stok bahan yang ada di kulkas rumah.

Rupanya kunci dan rahasianya sebab kulit luarnya yang dibalik menjadi di dalam. Tidak hanya kulit luar tahu yang dibalik, ciri khas unik lainnya adalah isi di dalamnya yang berbahan dasar aci dan bahan tambahan dan juga bumbu lainnya.

Cara buat tahu walik kriuk ini juga tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan bahan yang banyak. Sehingga sangat praktis untuk buat sendiri di rumah.

Cara Buat Tahu Walik Kriuk

Cara Buat Tahu Walik Kriuk

Bahan :

  • 10 sdm tepung tapioka
  • Minyak goreng
  • Secukupnya air panas
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • 1 tangkai daun bawang, iris halus
  • Secukupnya lada bubuk
  • 10 buah tahu kuning goreng (boleh tahu putih)
  • Secukupnya garam

Cara membuat :

  1. Belah tahu goreng menjadi 2 (segitiga)
  2. Pisahkan isi dari tahu goreng (bagian putihnya) kemudian balik tahu gorengnya. Isi tahu bisa buat campuran adonan.
  3. Haluskan bawang. Campurkan tepung, bawang, garam, lada, kaldu bubuk dan daun bawang. Aduk rata.
  4. Tuangkan sedikit demi sedikit air panas, sembari diaduk merata. Jangan sampai adonan terlalu encer. Tambahkan sisa bagian dalam tahu yang tadi (hancurkan/haluskan terlebih dahulu). Aduk merata dan koreksi rasa.
  5. Panaskan minyak dalam wajan. Sambil menunggu panas, tambahkan 1 sdm adonan ke dalam tahu yg sudah diwalik. Langsung digoreng yaa (dengan api sedang). Lakukan sampai adonan habis.
  6. Goreng sampai kering dan tiriskan(dalam piring yg sdh dialasi tissue, supaya minyak meresap ke tissue).
  7. Sajikan dengan sambal kacang kecap/sambal petis/sambal rujak manis/saos sambal. Aku pake sambel pecel, diberi sdkit kecap.

Berikut Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

1. Sumber Protein Untuk Penderita Asam Urat

Penelitian yang dilakukan guna mencari tau pengaruh tahu memperlihatkan bahwa,  tahu merupakan sumber protein yang sangat baik, terutama untuk pengidap penyakit rematik gout atau mempunyai kadar  asam urat yang tinggi.

2. Rendah Kolesterol

Tahu bisa meminimalisir tingkat kolesterol dalam tubuh,  disebabkan tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Dibandingkan dengan daging semacam daging sapi, tahu mempunyai tingkat yang rendah asam lemak jenuh dari pada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang baik, yakni yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis  kolesterol yang terletak dalam tubuh.

3. Mencegah Anemia

Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resiko anemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang  meneliti hubungan antara anemia dan tahu membuktikan, bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa.

Demikian Resep tahu walik kriuk yang lezat dan sangat renyah , bagaimana? mudah bukan cara membuat nya, dari pada kamu beli di warung-warung lebih baik membuat nya sendiri di rumah bisa di atur sesuai selera. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.