Cara Buat Burger Yang Sehat Dan Lezat Tiada Tanding

Cara buat burger ini tidaklah terlalu sulit, dan jika sobat ingin membuatnya dengan praktis sobat dapat menggunakan mesin hot dog karena mesin ini juga dapat digunakan untuk membuat burger dan hot dog.

Dan jika sobat ingin membuat sosis telur dengan mudah dan praktis sobat dapat menggunakan mesin sosis telur karena mesin ini dirancang untuk mempermudah dalam pembuatan makanan seperti sosis telur ini.

Cara Buat Burger Yang lebih Sehat Dan Lezat

Sehat atau tidaknya dari makanan burger yang sobat buat ini terletak pada pemilihan bahan – bahan dan cara memasaknya. Jika sobat mampu memilih bahan yang baik dan proses memasaknya tepat, maka rasa dan kandungan gizinya sudah pasti terjamin lebih sehat dan lezat pastinya.

1. Cara Buat Burger Dengan Pemilihan Daging Yang Rendah Lemak

cara buat burger

Yang paling penting dari membuat burger yang sehat terletak pada pemilihan dagingnya. Pilihlah daging sapi atau unggas tanpa ada lemak.

Lebih baik juga jika sobat menggunakan daging ikan yang asam lemaknya tinggi esensial omega-3 seperti ikan tuna dan salmon.

Bahkan jika sobat tidak sekalipun makan daging, sobat tetap bisa juga menikmati burger vegetarian versi masakan sobat atau mengganti daging dengan jamur atau tempe agar lebih sehat.

2. Cara Memasak Yang Baik

Proses pemanggangan yaitu metode terbaik untuk membuat daging burger lebih lunak dan juicy. Kata Richard Chamberlain, seorang koki dan penulis buku The Healthy Beef Cookbook.

Daging sapi lebih baik jika dimasak dengan menggunakan api yang sedang sampai cukup kecokelatan. Namun, coba hindari tekstur daging yang terlalu gosong supaya tidak menimbun karsinogen yang bisa meningkatkan risiko penyakit kanker.

Berikut tips merupakan tips pemasakan daging untuk burger yang lebih menyehatkan :

  1. Bumbui daging burgernya pakai garam, lada, atau bumbu lainnya sebelum melakukan pemanggangan.
  2. Panaskan panggangan atau wajannya sebelum memasak daging tersebut.
  3. Biarkan daging dimasak dengan cukup baik dan matang pada satu sisi sebelum dibalik ke sisi yang lain. Cukup balik daging sekali saja.
  4. Agar daging burgernya tetap empuk dan lezat, coba hindari penekanan pada daging saat proses memasaknya.

3. Memilih Isian Burger Yang Lebih Menyehatkan

Untuk memperbanyak nutrisi dari burger yang sobat buat, isi burger dengan lebih banyak sayuranya. Pilihlah sayuran seperti bawang, tomat, paprika, selada, timun, atau jamur untuk membuat makanan burger rendah akan kalori.

Untuk membuat burger yang sehat akan nutrisi, coba perhatikan juga untuk topping yang sobat pilih. Seperti contoh saus tomat atau mayonaise yang rendah akan lemak.

sobat boleh menambahkan keju yang rendah atau bisa yang bebas lemak agar burger yang sobat buat makin sehat, semisal keju parmesan ketimbang keju cheddar.

Cara Buat Burger Yang Menyehatkan

Bahan – Bahan :

  • 6 roti gandum utuh
  • ½ kg daging sapi tanpa lemak
  • tepung roti 4 sdm
  • 2 sdm air
  • 1 putih telur
  • wortel 4 sdm ( parut halus )
  • bawang merah 2 sdm ( cincang halus )
  • paprika merah 2 sdm ( cincang halus )
  • keju parmesan 2 sdm
  • ¼ sdt garam
  • ⅛ sdt merica
  • Selada dan irisan tomat bisa juga pakai timun sesuai dengan selera

Langkah – Langkah :

  1. Pertama campurkan putihan telur, air, tepung roti, wortel, bawang merah, paprika, garam, dan lada lalu masukan ke dalam mangkuk yang besar.
  2. Tambahkan juga keju parmesan dan daging sapinya, kemudian aduk sampai merata.
  3. Bentuk jadi enam bagian dari isian dengan diameter 10 cm saja.
  4. Panggang daging burger selama kurang lebih 7 – 13 menit pada kedua sisi dengan suhu 70 derajat Celcius sampai matang.
  5. Siapkan roti burgernya yang sudah dipanggang sebelumnya. Kemudian letakkan selada, irisan tomat, dan daging burgernya. Lalu tutup dengan roti burger bahan lainnya.
  6. Setelah proses diatas telah dijalankan sekaarang bisa di sajikan dan siap di santap.

Sekian dari artikel kali ini dan sebelumnya mohon maaf jika ada salah dalam penulisan atau pengejaan kata yang membuat sobat menjadi kurang paham. Dan semoga bermanfaat bagi kalian semua sekian terimakasih.