Cara Bikin Kue Balok Biasa Tapi Lezat

cara bikin kue balok biasa

Halo teman-teman semua, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ke kalian semua cara bikin kue balok biasa tapi lezat dengan cara dan tahapan yang mudah pastinya, jadi teman-teman ga perlu khawatir dan takut tidak bisa mengikutinya.

Seperti sebelumnya, saya akan membahas sedikit hal yang berkaitan dengan kue balok ini. Siapa tau dengan adanya pembahasan ini teman-teman ada yang terbantu dan menjadi tahu lebih dalam persoalan kue balok ini.

Langsung saja tanpa perlu kata dan basa-basi lagi, berikut pembahasan mengenai seputaran kue balok.

Kue Balok

cara bikin kue balok biasa

Kue balok adalah salah satu kue yang sudah ada sejak zaman dulu, tepatnya di zaman Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Kue ini memang sudah eksis sejak dulu namun seiring perkembangannya zaman, kue inipun juga mengalami perubahan.

Kue balok yang klasik atau tradisional memiliki tekstur yang sedikit keras dan berbeda dengan yang banyak dijumpai saat ini. Kebanyakan kue balok saat ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga rapuh hampir menyerupai bolu.

Kue ini dulunya merupakan salah satu menu favorit orang Belanda, mereka menjadikan kue balok ini sebagai camilan atau kudapan.

Di zaman sekarang ini kue balok menjadi lebih mudah ditemukan, tidak hanya dipinggir jalan atau toko kue, melainkan kedai, restoran, dan cafepun tak jarang menjadikan kue balok ini sebagai salah satu menu yang ditawarkan.

Selain itu, kue balok saat ini juga memiliki rasa yang bervariasi, mulai dari coklat, stroberi, green tea, keju, tiramisu, dan variasi rasa lainnya.

Cara Bikin Kue Balok Biasa

cara bikin kue balok biasa

Setelah sebelumnya saya sudah membahas sedikit hal seputar kue balok, kini saya akan membahas cara bikin kue balok biasa. Yang pasti rasanya gak akan kalah sama yang diluar sana.

Disini saya membuat kue balok hanya menggunakan susu bubuk agar rasa dari kuenya sedikit creamy. Selain itu, teman-teman juga ga perlu khawatir tidak bisa buat dirumah, karena bahan bakunya mudah untuk ditemukan dan juga tahapan pembuatannya juga mudah.

Langsung saja tanpa perlu banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan cara bikin kue baloknya.

Bahan-bahan :

  • 250 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 4 butir telur atau setara dengan 250 gram telur ayam
  • 100 gram margarin yang sudah dicairkan
  • 1/2 bungkus susu bubuk yang kecil merk apapun (27 gram)
  • 10 gram baking powder
  • 1 bungkus vanili
  • Air (secukupnya)

Tahapan Cara Pembuatan :

  1. Pertama, kalian bisa menyiapkan wadah kemudian dilanjutkan dengan mencampurkan telur dan gula pasir. Aduk sampai kocokannya muncul buih.
  2. Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan aduk lagi sampai merata.
  3. Sesudah semuanya merata, tambahkan margarin cair, susu bubuk, baking powder, dan vanili. Aduk lagi sampa semuanya merata dan membentuk adonan.
  4. Jika adonannya terlalu kental, kalian tambahkan sedikit air dan jangan sampai terlalu cair.
  5. Setelah adonannya jadi, kalian bisa menyiapkan cetakan kue dan peralatan untuk mengukus.
  6. Selanjutnya oleskan sedikit margarin ke cetakannya. Kemudian panaskan cetakannya.
  7. Setelah itu, tuang adonannya ke dalam cetakan kuenya kemudian tutup. Kukus sampai matang.
  8. Setelah matang, keluarkan dari cetakan dan kue balok siap untuk disajikan.

Itulah tadi artikel mengenai cara bikin kue balok biasa tapi lezat, semoga di artikel kali ini bisa membantu teman-teman yang ingin atau sedang tertarik membuat kue balok tanpa ribet.

Oiya, sebelum meninggalkan artikel ada baiknya kalian juga mengunjungi artikel lainnya ya !, seperti Resep Membuat Cakwe Goreng Sederhana, sampai jumpa dilain kesempatan teman-teman !.