Cara Bikin Bolu Gulung yang Praktis dan Tentunya Enak

Kali ini saya akan membuat artikel tentang cara bikin bolu gulung, sedikit pengertian tentang bolu dan juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga ada resep untuk membuat kue kering yang tentunya juga enak dan nikmat.

Bolu atau kue bolu (dari bahasa Portugis: bolo; bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung.

1. Cara Bikin Bolu Gulung

Cara Bikin Bolu Gulung

Bahan-bahan

  • 175 gr putih telur
  • 125 gr gula
  • 1 sdt cake emulsifier
  • 1/2 sdt garam
  • 70 gr terigu
  • 15 gr coklat bubuk
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 40 ml susu cair
  • 25 ml minyak goreng
  • 1 sdt pasta coklat
  • 1 sdm kental manis
  • secukupnya selai burbery (me:nenas)

Cara Membuat

  1. Kocok putih telur, gula, garam dan cake emulsifier hingga mengembang dan kaku.
  2. Masukkan terigu yang sudah diayak bersama baking powder dan coklat bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan minyak goreng, pasta coklat, kental manis dan susu cair. Aduk rata.
  4. Tuang ke loyang yang sudah dialas baking paper. Kukus selama 20 menit atau hingga matang.
  5. Kelupas baking paper, olesi dengan selai secukupnya, gulung perlahan. Masukkan ke dalam lemari es hingga set, baru dipotong-potong.

Manfaat Kue Bolu Untuk Kesehatan Tubuh

1. Bagus untuk kesehatan mata

Khasiat roti bolu yang pertama bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata. Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknay anda mengonsumsi makanan ini yang bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Membantu program diet

Jika anda memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranay. Dalam hal ini diet merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasika sehingga tidak berdampak bagi kesehtan. Di dalam menurunkan kesehatan badan, ternyata dengan mengonsumsi roti bolu merupakan salah satu solusi bagi penurunan berat badan anda.

3. Bagus bagi kesehatan tulang

Roti bolu di dalmnya memiliki kandungan vitamin d yang berfungsi sebagai vitamin untuk mebantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika maknanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang.

4. Kekebalan tubuh

kandungan selenium yang ada di dalam roti bolu sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui banyaknya beragam jenis penyakit, sebaiknya diantisipasi dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan ini serta melakukan olahraga secara rutin.