Bumbu Sayur Lodeh Sederhana Ala Rumahan

Haloo guys.. pada artikle kali ini saya akan membagikan bumbu sayur lodeh sederhana ala ibu – ibu rumahan. Bagi kalian yang tertarik mari baca artikel ini sampai habis :).

 

Sayur Lodeh

bumbu sayur lodeh sederhana

Ditengah pademi yang sedang melanda negara tercinta Indonesia ini, tentunya kita wajib menjaga kesehatan. Salah satu caranya yaitu menjaga pola makan agar tubuh tetap fresh dan sehat. Selain pola makan, kita harus memilih makanan secara efektif.

Makanan yang efektif ini maksudnya, sebuah makanan yang memiliki kandungan yang membantu tubuh agar tetap sehat. Seperti sayur – sayuran karena sayur memiliki kandungan serat yang tinggi dan tinggi akan vitamin dengan mineral.

Salah satu menu yang dapat menambah rasa nafsu makan dan memiliki bahan yang mudah ditemukan dimana – mana yaitu Sayur Lodeh. Sayur yang indentik dengan kuah santan dan berbagai macam sayuran yang ada didalamnya seperti kacang panjang, terong, dan labu siam ini mempunyai rasa yang gurih dan lezat.

Jika kalian ingin mencari bumbu sayur lodeh sederhana, disini saya akan membagikan bumbunya, Berikut list dari bumbu yang di pakai sayur lodeh sederhana.

 

Bumbu Sayur Lodeh Sederhana :

Bahan Utama :

  1. 100 gr daun Mlinjo
  2. 200 gr Labu Siam
  3. 1 buah Terong
  4. 100 gr Kacang Panjang
  5. 3 potong Jagung
  6. 100 ml Santan
  7. 1 bar Tempe
  8. Mlinjo secukupnya

Bumbu :

  1. 6 butir Bawang Merah
  2. 3 siung Bawang Putih
  3. 1 sdt Ketumbar
  4. 3 butir Kemiri
  5. 1 sdm Garam
  6. Gula secukupnya

Bumbu Pelengkap :

  1. 1 cm Lengkuas
  2. 2 buah Cabai Merah ( bisa kalian kurangi jika tidak suka pedas )
  3. 1 lembar daun Salam
  4. 3 buah Cabai Hijau ( bisa kalian kurangi jika tidak suka pedas )
  5. 1 buah Tomat

Itulah bumbu yang ada pada resep sayur lodeh sederhana yang saya miliki. Kalian belum pernah memasak sayur lodeh sama sekali? Tenang saja saya akan membagikan cara memasaknya juga kok. Cekidot

Cara Penyiapan Bahan :

  1. Ambil labu siam lalu kupas hingga seluruh kulitnya hilang, setelah itu potong labu siam menjadi bentuk dadu.
  2. Siapkan kacang panjang dan potong menjadi beberapa bagian, setiap bagian memiliki panjang sekitar 2 – 3 centi meter.
  3. Ambil terong lalu cuci bersih dan belah menjadi 2 lalu potong sejarak ibu jari.

Cara Menyiapkan Bumbu :

  1. Siapkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, garam, dan gula. Kemudian haluskan semua bahan hingga semuanya tercampur.
  2. Ambil cabai merah dan cabai hijau lalu potong gagar genjang.
  3. Siapkan tomat dan potong menjadi 4 bagian sama rata.

Cara Memasak :

  1. Awal kita siapkan panci kemudian masukan santan dan rebus sebentar lalu tambahkan bumbu yang tadi telah dihaluskan ke dalam panci. Aduk hingga semuanya menyatu.
  2. Jika semua bahan telah tercampur rata, masukan lengkuas, labu siam,jagung, mlinjo, dan kacang panjang. Rebus hingga semua bahan sudah matang.
  3. Setelah semua matang masukan daun mlinjo, cabai merah, cabai hijau dan terong. Kemudian masak hingga semua bumbu telah meresap dan telah matang.

 

Itulah resep dan cara memasak sayur lodeh sederhana. Meskipun sederhana sayur lodeh khas jawa ini merupakan salah satu makanan yang menjadi hidangan yang sering disajikan saat makan bersama keluarga. Apalagi sambil dinikmati bersama nasi hangat dan lauk pendamping.

Andai kata kalian tertarik atau memiliki minat lebih terhadap sayur lodeh ada banyak website yang memiliki informasi tentang sayur lodeh ini. Baca juga artikel tentan cara membuat bolang baling yang empuk jika kalian meyukai jajanan yang manis.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini terima kasih telah membaca. 🙂