Budidaya Kangkung Air Di Kolam Dengan Benar Dan Mudah

Cara Menanam Kangkung Air Yang Menguntungkan

Budidaya Kangkung Air di Kolam Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang paling diidolakan bagi masyarakat kita. Penggemar kangkung sangatlah banyak, dan apalagi kini banyak rumah makan yang menyediakan anake menu olahan kangkung seperti cah kangkung yang sungguh lezat.

Apakah kalian salah satu penggemar kangkung ?? Selain hasilnya dapat di nikmati kalian sekeluarga, kalian juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari hasil panen kangkung ini. Bercocok tanam kangkung tidaklah sesulit yang kalian kira, kalian hanya membutuhkan banyak informasi mengenai teknik menanam kangkung yang benar dan kalian langsung dapat mempraktekkannya di lahan kalian.

budidaya kangkung air

Syarat Tumbuh Tanaman Kangkung Air

Sebelum kalian mulai menyimak cara tanam kangkung, ada baiknya ketahui lebih dahulu mengenai syarat tumbuh kangkung air yang baik. Pada dasarnya, jenis pohon atau tanaman kangkung di bedakan menjadi dua macam yakni kangkung darat dan kangkung air.

Budidaya Kangkung Air di Kolam kangkung air biasanya di tanam di lahan sawah atau rawa. Kangkung air biasanya memiliki batang berwarna hijau dan ukurannya lebih besar dari pada kangkung darat.

Berikut ini ialah beberapa syarat tumbuh kangkung air yaitu:

  • Kangkung air bisa tumbuh di berbagai cuaca, baik pada musim panas maupun pada musim hujan. Namun demikian pula dengan pasokan air pada tanaman kangkung harus tetap tercukupi. Kabarnya bagi kalian yang hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah sama-sama dapat menanam tanaman kangkung air ini.
  • Kangkung juga membutuhkan banyak sinar matahari, jika lahan terlindungi dari sinar matahari maka tanaman kangkung akan tumbuh kurus walaupun didaratan tinggi.
  • Kangkung memerlukan lahan yang cukup subur dan kaya akan dengan zat organic, untuk itu penyiapan lahan dengan pembajakan dan pemupukan sangat di perlukan.
  • Kangkung membutuhkan tanah yang datar yang dapat menahan air lebih lama karena kangkung membutuhkan pasokan air yang cukup.
  • Kangkung akan tumbuh dengan maksimal jika bebas dari rumput liar dan tanaman pengganggu seperti ulat.
  • budidaya kangkung air

Menanam Kangkung Air

Proses Penanaman 

Kalian dapat melakukan penanaman saat sore hari agar malam harinya bibit kangkung dapat mulai bertumbuh. Dalam menanam kangkung air, ada beberapa hal cara menanam yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Stek muda kangkung air di tanam dalam setiap petak tanah dengan jarak 1,5 kali 1,5 cm.
  • Pastikan tanah berada dalam kondisi yang benar-benar prima “basah dan bernutrisi”, pastikan pula juga tanah tersebut telah kalian beri pupuk beberapa minggu sebelumnya.

Penyiraman Dan Pemupukan

Saat kalian sudah berhasil menanam kangkung air maka kini waktunya bagi kalian untuk melakukan pemeliharaan berupa penyiraman dan pemupukan. Saat kondisi cuaca kering, kalian bisa melakukan penyiraman pada tanaman kangkung sebanyak 2 kali sehari yakni pada waktu pagi hari dan sore hari.

Untuk memupuk tanaman kangkung kalian bisa menambahkan pupuk urea kira-kira dua minggu setelah penanaman kangkung air. Selain pemupukan dan penyiraman tanaman kangkung kalian perlu menyelamatkan tanaman kangkung kalian dari berbagai penyakit dan hama dan hewan pengganggu.

Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan 1,5 minggu setelah kangkung air di tanam. Jika batang telah menjadi besar dan daun berukuran panjang, maka kangkung air di panen, saat memanen, sisakan 2 cm batang agar dapat bertunas kembali.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kangkung Air Agar Panen Melimpah dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya.