Cara Membuka Bisnis Penggemukan Sapi Potong

bisnis penggemukan sapi potong

Bisnis penggemukan sapi potong. Daging sapi bagi masyarakat di Indonesia masih menjadi barang yang mahal. Mahalnya harga daging di pasaran yang berdampak pada kenaikan inflasi.

Guna untuk menekan angka inflasi, salah satunya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produksi sapi. Untuk itu diperlukan tempat pembibitan sapi yang lebih banyak.

Bisnis penggemukan sapi potong adalah usaha untuk memperoleh bibit yang berkualitas penyediaan sapi potong yang akan digunakan sebagai sumber konsumsi manusia.

Pengembangan pada usaha ini membutuhkan koordinasi dan kerjasama sinergis antara pemerintah,stakeholders terkait, dan masyarakat/peternak.

Perkembangan populasi sapi di tanah air yang terus bertambah dan seiring pertumbuhan penduduk. Hal ini berujung pada impor sapi dari luar negeri.

Untuk mengurangi pada impor daging, masyarakat juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan populasi pada sapi menuju swasembada daging sapi untuk kebutuhan rakyat.

Pembibitan

bisnis penggemukan sapi potong

Penggemukan sapi potong ada dua tujuan pertama bertujuan untuk penggemukan yaitu diambil atau dikembangkan diambil peranakannya sedangkan yang kedua adalah dengan cara penggemukan yaitu diambil produksi dagingnya.

Untuk itu maka dalam memilih bibit harus sesuai dengan kreteria tujuannya pokok, para konco tani pendengar Fast FM yang berbahagia dalam pemelihan bibit ternak sapi ada beberapa ciri yaitu :

  • Mulut dicari yang datar/papak
  • Kepala diusahakan yang besar sesuai dengan badannya dan bangsa
  • Leher besar dan bergelambir terutama yang j antan
  • Punggung dipilih yang datarjangan yang melengkung
  • Ekor kalau jenis dari sapi sub tropis dari pangkal ekor yang sampai ujung besarnya hampir sama
  • Ekor untuk sapi tropis biasanya lebih atau keadaannya yang merit
  • Perut yang diusahakan pilih yang iganya/tulang rusuk jangan terlalu melengkung
  • Kaki dicari yang tegak dan besar
  • Alat kelamin atau reproduksi jantan (testis ada 2 buah ) betina lengkap (ambing besar puting ada 4 buah)

Selain tersebut diatas yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Menentukan umur (bisa melihat gigi)
  • Membedakan jenis kelamin
  • Melihat bentuk badan (dari atas,depan dan samping)
  • Melihat bentuk pada ambing apabila ternak tersebut sapi perah
  • Informasi tentang silsilah pada ternak tersebut menggunakan recording (catatan ternak) diusahakan beli bibit jangan inbriding (minimal sampai keturunan yang ke 6 )

Kandang Sapi

bisnis penggemukan sapi potong

Untuk memperoleh hasil produksi yang optimal maka kandang untuk usaha sapi kereman hendaknya juga memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  • Kandang yang dibangun menyesuaikan dengan jumlah dan jenis sapi.
  • Kandang juga harus kuat, memenuhi syarat kesehatan, mudah dibersihkan, mempunyai drainase yang baik, pertukaran udara yang bebas, dilengkapi dengan tempat makan dan minum serta bak desinfektan.
  • Sistem kandang yang berkelompok berisi 5-10 ekor dengan luas ruang 10-20 m2
  • Jarak antar kandang minimal 10 m dan jarak kandang dengan tempat penampungan limbah kurang lebih 25 m.

Pemberian Pakan Sapi

bisnis penggemukan sapi potong

Pakan merupakan salah satu aspek yang penting dalam penggemukan sapi potong, karena pakan yang baik dan bermutu akan sangat cepat menggemukan sapi potong tersebut nantinya.

Namun, juga kadang pakan juga menjadi salah satu masalah karena ada sebagian sapi yang tidak cocok dengan beberapa jenis pakan yang diberikan.

Oleh karena itu juga, peternak harus paham bagaimana manajemen pakan yang baik untuk sapi terutama dalam masa penggemukan sapi potong tersebut.

A. Syarat pakan yang baik

  1. Pakan tersebut mampu memenuhi kebutuhan pada zat-zat nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sapi yaitu; karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
  2. Pakan tersebut disukai ternak
  3. Pakan yang diberikan juga harus bersih dan tidak tercemar oleh kotoran atau bibit penyakit yang nantinya dapat menggangu kesehatan maupun kebutuhan pada nutrisi sapi tersebut.

Hindari mengambil atau memanen rumput pada pagi hari sebelum matahari terbit karena biasanya sangat rentan terdapat telur cacing, alangkah baiknya rumput yang akan diberikan dijemur terlebih dahulu dibawah sinar matahari selama beberapa jam sebelum diberikan ke ternak sapi potong.

4. Pakan yang diberikan tidak boleh dalam keadaan rusak.
5. Hindari pemberian pakan yang berembun ataupun basah yang dapat memicu terjadinya kembung perut/bloat pada sapi