Beginilah Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Beginilah cara merebus daging sapi agar cepat empuk

Cara merebus daging sapi agar cepat empuk pasti sangat membutuhkan teknik atau cara yang tepat agar daging tersebut sesuai dengan yang kita inginkan yaitu dengan memiliki tekstur daging yang empuk dan juga tidak alot saat ingin memakan daging tersebut. Cara merebus daging agar cepat empuk tentunya menjadi salah satu cara yang sering dicari untuk mengolah daging.

Daging Sapi

Beginilah cara merebus daging sapi agar cepat empuk

Daging sapi adalah salah satu bentuk bahan makanan yang tentunya memiliki nilai gizi didalamnya contoh protein yang mengandung berbagai susunan asam amino yang sangat lengkap. Daging sapi dapat diartikan sebagai otot atau urat yang sudah melekat pada kerangka tulangnya, kecuali daging yang terdapat pada bagian bibir, telinga serta hidung.

Daging sapi juga sering diartikan sebagai bagian yang lunak dari tubuh hewan yang terbungkus oleh kulit dan menjadi bahan makanan sebagian manusia yang tidak memiliki pantangan atau riwayat apapun jika memakan daging, dan juga sebagian orang cara mengolah daging berbeda dan juga menginginkan daging yang bertekstur empuk.

Baca Juga:Cara Memasak Kornet Daging Sapi Sederhana dengan Rasa Istimewa

Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Beginilah cara merebus daging sapi agar cepat empuk

1. Daun Pepaya

Daun buah pepaya dapat dijadikan untuk mengempukkan daging sapi. Getah yang ada di dalam daun buah pepaya mengandung papain yang bermanfaat untuk membantu daging menjadi cepat empuk ketika daging direbus, dengan cara dijadikan sebagai pembungkus daging. Setelah daging sapi dibungkus dengan menggunakan daun buah pepaya beberapa saat, barulah daging sapi direbus sampai empuk. Pada saat membungkus daging sapi dengan menggunakan daun buah pepaya jangan terlalu lama, karena daging sapi akan mudah hancur dan bisa merubah rasa dagingnya.

2. Nanas

Buah nanas juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging sapi. Karena di dalam buah nanas mengandung bromelain yaitu enzim protease yang sering digunakan dalam pengempukkan. Caranya potong buah nanas dalam ukuran kecil atau dengan cara buah nanas dihaluskan. Kemudian tambahkan ke dalam marinasi daging sapi dan diamkan untuk beberapa saat sebelum daging sapi siap dimasak sesuai selera.

3. Jahe

Jahe juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging sapi. Karena didalam jahe mengadung enzim proteolitik yang dapat mengurangi ikatan protein pada daging sapi. Caranya dengan menghaluskan jahe atau dengan memarut jahe, kemudian olesi jahe ke seluruh permukaan daging sapi sampai merata. Setelah itu,diamkan untuk beberapa saat selama kurang lebih 30 menit sebelum daging siap untuk dimasak sesuai selera.

4. Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis biasanya digunakan untuk melumuri ikan agar dapat mengurangi aroma amis pada ikan tersebut. tetapi buah jeruk nipis juga dapat berfungsi untuk mengempukkan daging sapi. Karena didalam buah jeruk nipis terdapat kandungan asam, yang dapat melunakkan serat daging sapi. Tetapi, penggunaan buah jeruk nipis harus diperhatikan. Karena buah jeruk nipis bisa saja merubah rasa dari daging sapi yang akan diolah. Bisa juga dengan mengucurkan air buah jeruk nipis ke seluruh permukaan daging sapi sampai merata. Tetapi, jangan didiamkan terlalu lama agar rasa daging sapi tidak akan berubah.

5. Soda Kue

Soda kue memiliki kandungan yang dapat menghancurkan serat alot pada daging sapi didalamnya. Caranya cukup masukkan 1 sendok teh soda kue ke dalam air putih, lalu diaduk sampai larut dan tercampur merata. Setelah itu, larutan soda kue dicampurkan ke daging sapi yang telah diiris lalu aduk sampai merata sempurna. Diamkan racikan daging sapi dan baking soda ini sekitar kurang lebih 3 sampai 6 jam. Setelah itu, daging sapi siap untuk diolah menjadi makanan yang enak dan sesuai selera.

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin lebih mengetahui lebih banyak tentang cara merebus daging sapi agar cepat empuk kamu bisa membaca artikel Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu untuk membuat masakan dari daging sapi.