Mudah Dicari, Berikut Ini Bahan Membuat Keripik Kaca

bahan membuat keripik kaca

Hai kawan kawan, saat ini saaya akan membagikan sedikit ilmu tentang bahan membuat keripik kaca. Semoga ilmunya bisa bermanfaat buat kalian

Tahukah kalian keripik kaca?, Ya keripik kaca merupakan camilan khas Bandung yang memiliki rasa pedas, gurih, dan renyah.

Banyak orang yang terkecoh dengan namanya. Karena namanya ada kaca. Banyak yang mengira makanan ini terbuat dari kaca ataupun dari beling. Untuk meluruskannya, dibuatlah artikel ini.

Kerupuk ataupun keripik adalah camilan yang sangat cocok untuk mengganjal isi perut. Biasanya ketika keluarga kumpul dan menghabiskan waktu bersama mereka, kerupuk maupun keripik menjadi jajan yang tidak boleh ditinggalkan.

Tahukah kalian apa bahan utama dari keripik kaca ini?, keripik kaca adalah makanan khas dari Bandung terbuat dari singkong. Akan tetapi ada juga orang yang membuat keripik kaca ini dengan tepung. Biasanya sih menggunakan tepung tapioka.

Bahan Bahan Membuat Keripik Kaca

Bahan dasar untuk bahan bahan membuat keripik kaca dua macam. Kalian bisa menggunakan bahan dasar singkong ataupun berbahan dasar tepung yang dipadukan dengan air. Dari segi rasa sama sama enak. Jadi kalian tidak perlu bingung memilih bahan dasarnya apa.

Kita bahas satu-satu ya :

Singkong

Singkong atau sering kita sebut ubi kayu, tentu sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam tradisi tradisional, singkong sangat disukai sebagai pengganti dari makanan pokok kita yaitu nasi.

Ketela pohon atau ubi kayu atau yang lebih kita kenal dengan singkong merupakan tanaman umbi-umbian. Singkong dikenal cukup luas sebagai makanan pokok pemproduksi karbohidrat dan daunnya bisa dijadikan sayuran

Kandungan nutrisi yang dikandung jangan dianggap remeh. Singkong menyediakan energi bagi tubuh. Jumlah karbohidratnya mencapai 38.06 g. Tidak hanya itu, di dalam singkong juga terdapat protein lemak dan serat.

Tinggi singkong bisa mencapai 7 meter , dengan cabang yang agak jarang. Akar yang dimiliki singkong berjebis tunggang dengan akar bercabang dan kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat kita makan. Ukuran umbi ini rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm.

Tepung

Bagi kalian yang suka memasak atau membuat kue, pasti sudah familiar dengan tepung. Tepung merupakan salah satu bahan yang paling sering kita gunakan untuk memasak berbagai macam makanan.

Tepung merupakan partikel padat dengan bentuk butiran lembut. Kebanyakan, tepung dibuat dari bahan-bahan nabati seperti gandum ataupun singkong.

Namun, masih ada banyak orang yang belum mengetahui dengan benar jenis-jenis tepung sesuai dengan kegunaannya. Padahal, pemilihan tepung untuk makanan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menghasilkan makanan yang lezat.

Cara Membuat Keripik Kaca Cabe Ijo

  1. Campur ketiga bahan teratas, aduk rata hingga tepung melarut.
  2. Setelah larut, masak dengan api sedang sambil di aduk agar tidak gosong. Tunggu sampai campuran ketiga bahan tadi mengental.
  3. Jika sudah terlihat adonan tepung mulai mengental, silahkan kecilkan api. Terus aduklah hingga adonan lentur.
  4. Siapkan plastik untuk mencetak dan menjemur keripik kaca.
  5. Siapkan minyak goreng dan olesin minyak ke semua permukaan pelastik sampai rata.
  6. Ambil secukupnya adonan tapioka , letakan di atas pelastik timpa adonan yang telah diletakan dengan pelastik lain.
  7. Kemudian gilas sampai tipis  (saya menggunakan botol bekas kecap untuk menggilas adonan keripik kaca ).
  8. Setelah selesai menggilas, kelupas pelastik atasnya secara pelan – pelan tapi pasti.
  9. Jemur adonan dibawah terik sinar matahari.
  10. Setelah proses penjemuran selesai, gunting / potong adonan keripik kaca yang telah dijemur tersebut menurut selera.

Itu masih masih cara membuat adonannya saja. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kalian bisa liat di cara membuat keripik kaca. Untuk menggoreng, kalian bisa menggunakan mesin vacuum frying

Sekian pembahasan bahan membuat keripik kaca