AC Tiba Tiba Mati Sendiri Tanpa Sebab dan Mengatasinya

AC tiba tiba mati sendiri sering terjadi, nah Anda ingin tahu mengapa AC tiba tiba sering mati sendir. Saya akan berbagi untuk Anda mengapa AC tiba tiba mati sendiri. Banyak sekali kemunculan AC rusak yaitu seperti AC mati sendiri dan AC tidak dingin.

ac tiba tiba mati

Permasalahan Komponen Elektronik

Komponen elektronik AC yang fungsinya untuk mengatur kerja unit indoor yang meliputi pengaturan suhu, pengaturan on-off, pengaturan aliran udara, pengaturan waktu (timer) dan pengaturan otomatis lainnya. Pengaturan yang berkaitan dengan AC tiba tiba mati terdapat pada komponen berikut ini :

1.Termistor (mata kucing)

Termistor adalah sensor yang mengatur suhu ruangan. Apabila suhu dalam ruangan sudah tercapai secara maksimal maka thermistor akan mengatur agar kompresor berhenti bekerja.

Sehingga secara otomatis unit outdoor diperintahkan off oleh systemnya. Kerusakan pada thermistor biasanya ditandai dengan adanya AC tidak bisa diremote dan AC mati sendiri secara tiba tiba.  Apabila AC tiba tiba mati maka termistor tidak berfungsi dengan baik.

Kasus yang lain jika setelah cuci AC tidak bisa dinyalakan dengan remote maka kemungkinan juga termistornya terkena air. Hal ini biasanya diatasi dengan teknisi AC dengan cara membersihkan atau juga“sedikit memanaskan” thermistor tersebut.

2.Modul elektronik

Voltage atau tegangan listrik yang tidak sesuai dengan voltage yang diminta oleh unit AC untuk bekerja bisa menyebabkan modul elektronik error.

Kerusakan modul dapat juga terjadi karena ada jalur yang korsleting. Hal ini dapat diperbaiki menggunakan cara memperbaiki jalur di PCB yang rusak.

3.Switch

Switch atau tombol on-off yang fungsinya sebagai saklar untuk menyalakan dan mematikan unit AC. Jika kerusakan terjadi pada switch maka disolder. Namun jika masih belum bisa menyala sebaiknya ganti switch dengan yang baru.

4.Timer

Timer yang fungsinya untuk mengatur kapan AC harus menyala dan kapan akan mati. Kerusakan yang sering terjadi pada umumnya di karenakan setting timer masih aktif. Atur lagi (setting) melalui remote control supaya timer nya dalam kondisi mati.

Cara Mengatasi AC Rumah yang Tiba Tiba Mati Sendiri

Cara mengatasi masalah ini adalah cek kelistrikan di rumah Anda, kami sangat menyarankan hal ini dilakukan oleh orang profesional atau bisa hubungi pihak PLN. Jika Anda sudah berpengalaman Anda bisa mengecek listik dengan cara :

  • Untuk mengukur voltase listrik Anda bisa menggunakan alat ukur multitester.
  • Perhatikan juga pada saat Anda akan menghidupkan AC, cek dahulu lampu indikator yang menyala, apakah dalam keadaan berkedip atau tidak. Jika berkedip sudah hampir dipastikan Anda kekurangan voltase listrik.

Saat AC Hidup Sekitar 60 Menit Listrik Turun

Masalah ini merupakan indikasi dari kerusakan pada kompresor yang ada di AC Anda. Saran saya panggil tenaga profesional untuk mengatasi masalah ini.

Saat AC Menyala Sebentar Kemudian Listrik Turun

Bandingkan daya listrik dengan jumlah Watt AC yang di gunakan oleh Anda, pastikan daya listrik dirumah Anda minimal sebesar 1,5 kali daya AC.

Contoh kasus: Jika AC Anda 900 watt, daya listik tersebut yang diperlukan minimal adalah 1350 watt. Jika Daya listrik yang tersedia sama dengan daya listrik PLN yang terpasang , jangan lupa untuk menghitung pemakaian listrik pada peralatan rumah lainnya.Jika Anda sudah memastikan listrik kurang mencukupi, kami sarankan menambah daya listrik di rumah Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mati Sendiri dan Tidak Berputar?

Kalau ac mobil mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas, maka Anda harus cepat bertindak. Bawalah mobil mu ke bengkel, agar bagian yang rusak tersebut dapat secepatnya diganti dengan yang baru.

Jika Anda tahu tentang bidang otomotif, Anda juga bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Yang paling penting, kamu memiliki semua perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama proses perbaikan.

AC Tiba Tiba Mati dan Lampu Timer Kedip – Kedip

1.Kerusakan Termis ( Sensor Suhu )

Termistor berfungsi mengatur kerja kompresor berdasarkan suhu ruangan. Jika suhu ringan sudah mencapai dingin maka termis akan mematikan kerja kompresor tersebut. Jika termis rusak maka lampu timer nya berkedip kedip. Solusi nya ganti termis.

2.Tekanan Freon Berkurang

Pada beberapa merk ac, bila tekanan dalam sistem berkurang maka secara otomatis ac tidak bisa bekerja. Hal ini ditunjukkan dengan adanya indikator kedip kedipnya lampu timer.

Lakukan pengecekan tekanan dengan manifold. Dan perbaiki dahulu kebocoran freon supaya tidak terjadi lagi freon ac bocor.

3.Kompresor AC Bermasalah

Permasalahan kompresor ini khususnya pada komponen komponen elektronik kompresor yang meliputi kapasitor running, Overload maupun kabel kabel penghubung yang mungkin terputus.
Hal ini secara khusus dibahas pada kerusakan komponen komponen kompresor.

4.Kerusakan Mikroprosesor

Walaupun hal ini jarang terjadi namun tetap ada kemungkinan adanya kerusakan pada mikroprosesor akibat terjadinya korsleting listrik yang sering terjadi ataupun karena fluktuasi tegangan listrik PLN yang tidak stabil di tegangan 220 volt.

Lampu timer ac berkedip bervariasi dalam setiap ac. Ada yang saat dinyalakan langsung berkedip kedip dan ada yang setelah beberapa menit ac dinyalakan baru mulai berkedip kedip.

Jika lampu indikator berkedip kedip setelah beberapa saat ac dinyalakan maka bisa jadi freon ac bocor atau komponen elektronik pada kompresor ada yang rusak.

Cara Mengatasi Kedap Kedip Pada AC Tiba Tiba Mati

Pada AC standar biasanya permasalahan AC yang selalu berkedap kedip lebih sering disebabkan oleh thermistor yang rusak. Sementara untuk jenis AC inverter biasanya disebabkan oleh AC yang kotor atau bisa jadi kekurangan freon.

Lalu AC yang berkedap kedip juga ditandai dengan kinerja AC yang menurun, seperti AC sudah tidak terasa dingin lagi.

Kedap-kedip biasanya merupakan suatu langkah pencegahan yang berarti pertanda mempunyai masalah yang terjadi di dalam komponen AC. Contohnya apabila AC inverter terlalu kotor atau kekurangan freon, maka AC akan bekedap-kedip.

1.Modul AC kotor atau terkena air

Permasalahan ini biasanya terjadi apabila kita melakukan perawatan yang ada pada AC. Biasanya ada kecerobohan yang dilakukan dengan teknisi atau kita sendiri yang membuat module AC menjadi basah dikarena oleh air. Untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya kita membersihkan module terlebih dahulu.

Apabila module sedang basah ada baiknya kita keringkan terlebih dahulu. Karena module AC adalah komponen yang begitu penting ada baiknya kita menanyakan dealer AC mengenai cara membersihkan module AC yang baik dan benar.

2. Thermistor AC mengalami kerusakan

Komponen thermistor adalah alat sensor suhu yang mempunyai fungsi sebagai pemutus mesin outdoor pada AC.

Apabila komponen ini mengalami kerusakan maka ia akan mengirim sinyal berupa kedap kedip pada lampu timer tersebut. Apabila komponen thermistor mengalami kerusakan ada baiknya kita segera membeli yang baru.

3. Jalur pada PCB modul AC putus

Permasalahan ini juga sering terjadi karena bisa kita lihat dari mainboard module pada AC tersebut. Biasanya ada jalur yang putus atau berwarna hitam. Untuk memperbaikinya kita bisa membersihkan jalur tersebut atau menyambungkannya dengan menggunakan soldier.

4. Socket kendur

Komponen yang lainnya yang bisa membuat AC kedap kedip yaitu socket yang kendur. Permasalahan ini terjadi apabila arus listrik yang kurang stabil dan AC tidak bisa bekerja dengan baik lagi.

Untuk melakukan pencegahan ada baiknya kita memastikan bahwa socket terpasang dengan baik. Namun jika sudah mengalami kerusakan parah sebaiknya membeli socket baru di distributor resmi AC.

5. Kipas indoor tidak berputar

Kipas yang mati bisa membuat lampu indikator berkedap kedip, hal ini juga termasuk bagian dari proteksi terhadap permasalahan yang ada pada AC. Saaat kipas mati maka akan ada sensor yang mengirim sinyal ke lampu timernya.

6. AC kotor

Hal ini berlaku untuk AC jenis inverter. Ketika AC kurang dirawat dan menjadi kotor kemungkinan lampu timer akan menyala kedap kedip.

7. AC kekurangan freon

Karena apabila AC kekurangan freon maka lampu timer akan berkedap kedip. Gas freon juga memiliki fungsi yang cukup penting yakni menurunkan suhu udara. Apabila AC kekurangan gas freon ada baiknya kita melakukan perbaikan.